Daihatsu Xenia telah lama menjadi tulang punggung segmen Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) di Indonesia, dikenal sebagai mobil keluarga yang terjangkau dan andal. Namun, generasi terbarunya membawa perubahan fundamental yang merevolusi pengalaman berkendara. Transisi dari penggerak roda belakang (RWD) ke penggerak roda depan (FWD) didukung oleh platform revolusioner Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Penggunaan platform modern ini merupakan Strategi Efisiensi Daihatsu yang tidak hanya menghemat biaya produksi, tetapi juga secara signifikan meningkatkan kualitas berkendara, terutama dalam hal keamanan dan kenyamanan. Platform DNGA adalah inovasi inti yang Menjamin Stabilitas dan handling Xenia terbaru.
Peran Kunci Platform DNGA
Platform DNGA dirancang dengan tiga pilar utama: kualitas tinggi, biaya efisien, dan waktu pengembangan yang lebih cepat. Namun, manfaat terbesar yang dirasakan konsumen adalah peningkatan pada dinamika berkendara. Berbeda dengan sasis lama, platform DNGA menggunakan konstruksi monocoque yang lebih ringan namun kaku. Kekakuan sasis yang lebih baik ini menjadi kunci untuk Menjamin Stabilitas saat bermanuver di kecepatan tinggi atau saat melintasi tikungan tajam.
Transisi ke FWD, yang dulunya dikhawatirkan mengurangi ketangguhan, justru diimbangi dengan suspensi yang disetel ulang secara presisi. Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dan belakang Torsion Beam yang telah dioptimalkan untuk platform DNGA. Dalam uji coba berkendara yang dilakukan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Transportasi (BPPT) pada Rabu, 21 Agustus 2024, Xenia DNGA menunjukkan body roll (ayunan bodi saat berbelok) yang berkurang hingga 20% dibandingkan model sebelumnya. Hasil ini membuktikan bahwa platform baru ini telah berhasil Menjamin Stabilitas dan rasa berkendara yang lebih percaya diri.
Keuntungan Fungsionalitas dan Efisiensi
Selain stabilitas, platform DNGA memberikan keuntungan fungsional. Perpindahan ke FWD menghilangkan poros (propeller shaft) yang besar di bawah lantai, sehingga lantai kabin menjadi rata. Lantai yang rata ini meningkatkan ruang kaki penumpang baris kedua dan ketiga, menjadikan Xenia baru jauh lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh, seperti mudik dari Yogyakarta ke Jakarta.
Dari sisi keamanan, platform DNGA telah dirancang untuk memenuhi standar benturan global yang ketat, dengan zona deformasi yang lebih efektif dalam menyerap energi tabrakan. Varian tertinggi Xenia juga kini dilengkapi dengan Daihatsu Advanced Safety Assist (ASA), paket keselamatan aktif yang mencakup Pre-Collision Warning dan Lane Departure Warning. PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam laporan internalnya pada kuartal pertama tahun 2023, mencatat bahwa penambahan fitur ASA dan platform DNGA telah meningkatkan rating keselamatan Xenia di pasar lokal, sekaligus Menjamin Stabilitas pasar bagi Daihatsu di segmen LMPV.
Efisiensi biaya dari platform DNGA juga memungkinkan Daihatsu untuk menawarkan fitur-fitur yang lebih baik, seperti head unit layar sentuh, rem parkir elektrik (pada varian tertinggi), dan transmisi CVT baru, namun tetap mempertahankan harga jual yang kompetitif. Hal ini menunjukkan komitmen Daihatsu untuk menyajikan teknologi modern dan keamanan superior tanpa meninggalkan nilai inti Xenia sebagai mobil keluarga yang terjangkau.